Yang dimaksud dengan
personal service oleh U.S. Census of Business didefiisikan Personal Service
ialah jasa yang sangat mengutamakan pelayanan orang dan perlengkapannya,
seperti tukang cukur, salon kecantikan, laundry foto.
Yang sangat perlu diperhatikan dalam marketing jasa seperti ini ialah:
Mereka biasanya membatasi advertising dan lebih praktis mereke membuat kartu nama dan pengumuman-pengumuman
Yang sangat perlu diperhatikan dalam marketing jasa seperti ini ialah:
1. Lokasi yang baik
2. Menyediakan, Fasilitas, dan Suasana yang menarik
3. Nama baik yang bersangkutan
Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka konsumen merasa puas. Nanti mereka akan menginformasikan pula kepada teman-temannya, dan tercapailah advertensi secara gratis, dari mulut ke mulut. Walaupun sebenarnya ada pula semacam reklame yang dipasang yang sebetulnya hanya menunjukan cirinya saja. Yaitu berupa papan berwarna mearah putih melingkar pada barber shops, dan memasang merk pada usaha beauty shop.
Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka konsumen merasa puas. Nanti mereka akan menginformasikan pula kepada teman-temannya, dan tercapailah advertensi secara gratis, dari mulut ke mulut. Walaupun sebenarnya ada pula semacam reklame yang dipasang yang sebetulnya hanya menunjukan cirinya saja. Yaitu berupa papan berwarna mearah putih melingkar pada barber shops, dan memasang merk pada usaha beauty shop.
Dalam marketing personal service
diusahakan supaya timbul semacam patronage motive terhadap konsumennya.
Patronage ini bias timbul di dalam dalam usaha laundries karena kebersihan,
layanan yang baik dan sebagainya (patronage motive artinya keinginan untuk
menjual langganan tetap).
Marketig Personal Service
Orang-orang yang
memiliki profesi dalam marketing approachnya biasanya menunggu langganan jika
memuaskan langganan yang pernah datang akan kembali lagi dilain waktu. Jadi yang penting disini ialah harus adanya
reputasi yang baik. Produsen jasa ini harus mempunyai banyak kenalan dalam
memasuki berbagai organisasi dimasyarakat.
System marketing yang dipakai dalam hal ini lebih bersifat tidak langsung atau reundbout methods, system meningkat.
System marketing yang dipakai dalam hal ini lebih bersifat tidak langsung atau reundbout methods, system meningkat.
Apakah jasa professional? Ciri-cirinya ialah sebagai berikut:
1. Memiliki kode etik formal dan
diterima oleh anggota-anggotanya
2. Ada pengawasan
pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan terhadap standar
yang telah ditetapkan
1. Memiliki persyaratan khusus untuk menjadi anggota,
seperti pendidikan, pengalaman, lama latihan, dan penampilannya
2. Anggota yang diterima secara penuh, diberikan
sertifikat khusus
3. Mendahulukan kepentingan langganan atau pasien
Marketing Business Services
Dalam
marketing business service ini seperti usaha akuntansi dan biro-biro konsultan
lain, system marketingnya juga agak bersifat tidak langsung. Mereka lebih
senang diundang oleh langganan-langganan baru untuk memberikan jasa-jasanya. Undangan
ini diharapkan akan membuat suatu hubungan baru dimana diadakan
pembicaraan-pembicaraan mengenai usaha/ perdagangan
Mereka biasanya membatasi advertising dan lebih praktis mereke membuat kartu nama dan pengumuman-pengumuman
Ad 2 Financing Service
Finansial
service terdiri dari:
-
Bank services
(Bank)
-
Insurance
services (Asuransi)
-
Instrument
securities (Lembaga Penanam modal)
Ad 3 Public Utility and Transportation Services.
Perusahaan public utility mempunyai monopoli secara alamiah, misalnya perusahaan listrik, air minum.
Perusahaan public utility mempunyai monopoli secara alamiah, misalnya perusahaan listrik, air minum.
Para pemakainya terdiri dari:
-
Domestic
costumer (konsumen local)
-
Commercial and
office (Perkantoran dan perdagangan)
-
Industrial Users
(industri)
-
Manipolities
(Kota praja, Pemda)
Sedangkan dalam transportasi services ialah meliputi: angkatan kereta
api, kendaraan umum, pesawat udara dsb, pelayanan disini ditujukan untuk
angkutan umum penumpang dan angkutan barang.