STRATEGI LICIK MARKETING BANK MANDIRI MENAWARKAN AXA MANDIRI

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan Laba per triwulan II 2018 sebesar 12,2 Triliun. Banyak sekali produk-produk yang ditawarkan oleh Bank Mandiri diantaranya E-money, Axa Insurance dan lain-lain. Saya pun merupakan nasabah di Bank ini dan pengguna layanan e-moneynya.

Pada hari Selasa, 16 Oktober 2018 Pukul 14:36 WITA saya mendapatkan telepon dari 021-80662500 yakni telemarketing bernama Irina dari Bank Mandiri dan menawarkan produk Asuransi dari AXA Mandiri. Awalnya dia berbincang dengan basa-basi dengan trik pendekatan kepada nasabah, mendoakan pekerjaan lancar, dan tidak lupa tabungannya lancar juga, harapnya. Selanjutnya dia (Irina) kemudian minta waktu berbicara dan saya pun persilahkan.

Tetapi ada yang membuat saya kaget, sembari dia berbicara mengenai produk Axa Mandiri yakni dia menyatakan seolah bahwa layanan ini sudah dilekatkan (include) kepada kepada tabungan semua nasabah Bank Mandiri, selanjutnya bersifat memaksa bahwa tawaran ini memang diberikan kepada seluruh nasabah tanpa membeda-bedakan dengan premi Rp 65.700 setiap bulan. Terkait informasi atau percakapan saya dengan Irina (Telemarketing Mandiri) bisa didengar dari audio hasil rekaman saya di => link ini.

Selain dari nomor diatas, dia pun mencoba menghubungi saya lagi di nomor yang berbeda yakni 021-29298310 dan total panggilannya sebanyak 5 (lima) kali. Cukup woow bukan!!! Ya.. saya tau itu memang strategi pemasaran untuk menghubungi. But!!!.. Itu terlihat memaksa karena sudah ada pernyataan dari "cabah" bahwa tidak bersedia.

Sebenarnya saya tidak mempermasalahkan masalah tugas seorang marketing. Tapi yang benar-benar mengesalkan disini adalah caranya sangat-sangatlah licik dan bersifat sangat memaksa untuk mengiyakan tawaran yang menurut saya tidak semua orang butuhkan. Karena setiap persepsi dan goal masing-masing orang itu berbeda. Contohnya seseorang tidak akan membutuhkan produk asuransi yang sejenis jika dia sudah memilikinya dengan pelayanan yang sudah dianggap bagus. So, Janganlah terlalu memaksa. Cukup menawarkan dan biarkan mereka mengambil keputusan.

~SHARING IS SIMPLE~