SOAL JAWAB SIA

1. Pengertian Informasi Akuntansi berbasis komputer?
Komputerisasi akuntansi (Akuntansi berbasis komputer) adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan. Beberapa aplikasi program/software akuntansi:
KRISHAND, ACCURATE V3 Standard, K-Sistem Indonesia, SAGE ACCPAC ERP, MYOB Accounting, Microsoft Office Excel, DacEasy Accounting (DEA), Payroll, Simply acconting, Peachtree, Zahir Accounting, Cash Register, NetLedger, LedgerPlus.


2. Jelaskan tugas dari Sistem Informasi Akuntansi?
Menurut Cushing yang dikutip oleh Bardiwan (2008, p3), sistem informasi akuntansi adalah suatu set sumberdaya manusia dan modal dalam suatu organisasi yang bertugas untuk menyiapkan informasi keuangan dan juga informasi yang diperoleh dari kegiatan pengumpulan dan pengolahan data transaksi.
Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  • Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  •  Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

3. Apa perbedaan antara E-Business dan E-Commerce?
E-commerce berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis.

Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce berorientasi pada bagaimana memperoleh keuntungan, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang dan sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya. Selain dari perbedaan yang dimiliki oleh keduanya, ternyata keduanya juga memiliki persamaan tujuan yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.

4. Jelaskan model-model dari E-Business?
1. B2C (Business to Consumers)
Menggambarkan kegiatan bisnis melayani konsumen dengan produk atau jasa. Misalkan orang membeli sepasang sepatu dari pengecer. Transaksi yang mengarah ke sepatu agar tersedia untuk pembeli, yaitu pembelian kulit, tali, karet, dll serta penjualan sepatu dari pembuat sepatu ke pengecer akan dianggap transaksi B2C. Karakteristik B2C :
– Antara organisasi dengan perorangan
– Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
– Transaksi tidak sering terjadi
– Relatif sederhana

2. B2B (Business to Business)
menggambarkan transaksi perdagangan antara perusahaan, seperti antara manfaktur dan grosir, atau antara grosir dan pengecer. Karakteristik B2B :
– Antar organisasi
– Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
– Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
– Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
– Lebih kompleks

3. B2G (Business to Government)
Interaksi terjadi antara organisasi dengan pemerintah. B2G memiliki karakteristik yang sama dengan B2B sehingga B2G dapat dikelompokkan kedalam B2B. B2G adalah turunan dari B2B yang sering disebut sebagai public sector marketing atau pemasaran sektor publik yang mencakup pemasaran produk dan jasa untuk berbagai tingkat pemerintahan, negara bagian dan lokal melalui integrated marketing communication atau komunikasi pemasaran terpadu seperti strategic public relation, advertising, dan komunikasi berbasis web.

4. B2E (Business to Education)
Interaksi yang terjadi antara organisasi dengan pendidikan. Sama halnya dengan B2G, B2E juga memiliki karakteristik yang sama dengan B2B.

5) bagaimanakah sistem hyperlink digunakan dalam proses bisnis menurut Anda, apakah baik  
jika diterapkan  dalam dunia bisnis?
Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam slide, file, program, atau halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink berguna sebagai penghubung langsung untuk membuka link pada alamat website tertentu. Beberapa dokumen menggunakan hyperlink untuk mempermudah pembacanya, sehingga tidak diperlukan membuka browser secara terpisah. Namun, jika Anda ingin mengubah hyperlink tersebut agar menjadi tidak aktif, sehingga menjadi tulisan biasa, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan makro.
 
Hyperlink dapat membantu pemasaran bisnis, karena:
- Murah untuk di akses oleh konsumen
- Konsumen dapat dengan mudah meng-update informasi bisnis
- Mudah diterima di lingkungan jejaring sosial atau membagikan informasi
- Dapat menarik perhatian pelanggan
- Tepat sasaran
- Berguna dalam membangun brand
- Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan
- Mendukung kegiatan sosial
- Berbagi dengan dunia
- Mengasah bakat dan kreativitas
- Mendapatkan rekan baru yang bisa saja dapat bekerja sama mengangangkat brand
- Menjaga reputasi bisnis.
Internet atau ‘dunia maya’ merupakan market yang sangat besar yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Jika Anda terjun di dunia bisnis yang sarat dengan kompetisi, maka setiap kesempatan marketing –baik besar atau kecil– yang menghasilkan benefit atau profit wajib untuk dimanfaatkan sesegera mungkin, dan hyperlink adalah salah satu cara yang paling mudah dan menguntungkan untuk menyebar jaring marketing bisnis Anda.

6.Bagaimanakah dampak yang dirasakan oleh konsumen dengan penerapan hyperlink 
Dampak Positif :
a.       dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia
b.      dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah
c.       dapat mencari informasi atau data
d.      dapat dengan mudah memperoleh informasi
e.       dapat dengan mudah bertransaksi dan berbisnis

Dampak Negatif :
a.    menampilkan halaman yang mengandung pornografi
b.    Violence and Gore (Kekejaman dan Kesadisan)
c.    dapat terjadi penipuan
d.   gadget lebih rentan terkena virus

Secara garis besar dampak negatif internet adalah :
  • Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
  • Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
  • Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
  • Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

7. jelaskan tentang virtual 3Dimensi dalam bisnis, dan berikan contoh!

Virtual 3 Dimensi yaitu teknologi berbentuk tiga dimensi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. 

Perkembangan teknologi suatu perusahaan saat ini, akan selalu membutuhkan sentuhan teknologi untuk mengatasi permasalahannya. Apalagi segala hal yang terkait dengan jalannya bisnis perusahaan, diperlukan cara mudah untuk menjalankan semua tugas, Setiap perusahaan dapat menggunakan Hologram (hologram label dan seal/segel) untuk produk-produknya. 

Selain untuk meningkatkan image dari produk tersebut di pasaran juga sebagai jaminan keaslian produk. Mereka menggunakan Hologram untuk laminasi packing produk yang menarik, sebagai pengaman yang sulit untuk dipalsukan juga untuk menambah estetika produk.

Misalnya pada perusahaan Nutrifood membuat iklan atas salah satu produknya yaitu Nutrisari agar dapat menarik perhatian konsumen, iklan Nutrisari di buat sedemikian rupa dengan sentuhan virtual 3D didalamnya seperti Jeruk yang bisa berbicara. Hal ini dapat mengundang perhatian konsumen.

8. Buatlah Flowchart Laporan Keuangan

 
Demikian Informasi yang saya bagikan, Jika Anda suka silahkan Bagikan menggunakan tombol share
dibawah ini. Dan jika ada yang perlu didiskusikan, mari berdiskusi di Kolom komentar yang tersedia
dibawah. Terima .

~SHARING IS SIMPLE~

0 Response to "SOAL JAWAB SIA"